Jumat, 06 April 2012

IndoGreen Forestry Expo 2012, "Hutan adalah Harta Kita"



Sesuai dengan namanya, pameran yang diselenggarakan pada tanggal 5-8 April 2012 ini adalah pameran kehutanan terbesar di Indonesia yang  menampilkan potensi yang sangat besar pada sektor kehutanan, pengelolaan, pemanfaatan dan pelestarian hutan, hasil hutan baik kayu maupun non kayu, produk olahannya dan peralatan pemanfaatan hutan.

“IndoGreen Forestry Expo 2012” diselenggarakan untuk mendukung program pemerintah “Forest Pro Poor, Pro Job, Pro Growth and Pro Environment” dan mendukung suksesnya “Green Growth Economy Toward 2020”. Pameran ini menampilkan produk dan jasa kehutanan yang ramah lingkungan hidup dan berbagai kegiatan menarik untuk diikuti seperti talkshow dan presentasi yang diharapkan akan memunculkan gagasan/ide yang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Indonesia yang hijau.
Indogreen Forestry expo 2012 menampilkan sosialisasi mengenai program dan tindakan nyata pemerintah dan pihak swasta (pengusaha) dalam melaksanakan pembangunan hutan berkelanjutan guna merealisasikan konsep gaya hidup yang hijau menuju Indonesia hijau, termasuk pula program reklamasi pada lahan bekas tambang. Ditampilkan pula beragam potensi hutan dan hasil hutan non kayu yang cukup besar seperti  rotan, gaharu, biofarmaka, madu, microhydro, geothermal, dll.

Pameran ini diikuti lebih dari 125 peserta yang terdiri dari kementerian dan lembaga terkait, pemerintah daerah melalui dinas kehutanan, perusahaan kehutanan, perkebunan, pertambangan, perusahaan minyak dan gas bumi, pulp & paper serta perusahaan yang peduli akan pelestarian hutan dan lingkungannya.
Pada pameran ini pun diadakan beberepa acara atau kegiatan pendukung yang tema utamanya mengenai upaya pelestarian hutan dan lingkunganya serta peluang investasi dan bisnis yang sector kehutanan, baik dalam bentuk Presentasi Bisnis, Talk Show, Business Meeting, Lomba Menggambar dan Indogreen Funbike 2012. Semua acara tersebut dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, baik dari kalangan bisnis, akademisi, pelajar, maupun umum.
Stand Provinsi Kalimantan Barat

Stand Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten

Melalui pameran ini pihak penyelenggara berharap  bahwa event ini dapat menjadi sarana sosialisasi dan promosi berbagai produk, teknologi, industri dan jasa maupun keberhasilan pembangunan di bidang yg terkait dengan kehutanan, serta untuk menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya di sektor kehutanan.
Berhubung saya bersama teman-teman dari STP-Sahid Jakarta melakukan kunjungan pada tanggal 5 April, maka acara pendukung yang dilaksanakan pada hari itu disamping pameran antara lain
· Dialog Nasional Menteri Kehutanan dengan Sahabat Alam, Pk. 12.00 – 13.30
· Talkshow “Ekonomi Hijau dan Cinta Produk Indonesia” Pk 13.30 – 14.30 (Dr. Hadi Daryanto, Sekjen Kemenhut, PT. Solar Park Energy, Diah Raharjo, Kehati)
· Talkshow “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Gaharu dan Sutra Alam “ oleh Staf Khusus Menteri Kehutanan Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Peneliti Litbang Kehutanan, Asosiasi Kehutanan, Petani Gaharu, Pk. 14.30 – 15.30
· Temu Bisnis: “Untung Berlimpah dari Madu, Herba, Makanan dan Produk Hutan non Kayu” Pk. 15.30 – 16.30 (H.H. Erzaldi Rosman – Bupati Kab. Bangka Tengah, Pengusaha dari Bangka Belitung, Pengusaha dari Kalimantan Tengah, Pengusaha dari Kab. Pasuruan)

Suasana Talkshow Bersama Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan


Pameran ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dimana dapat mengenal potensi hutan dari berbagai daerah di Indonesia, serta sebagai alat atau media sosialisai agar dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terutama anak usia dini agar lebih menjaga alam terutama hutan paling tidak didaerah tempat tinggalnya sendiri.

1 komentar:

  1. Nilai: 85

    Bagus dan lengkap laporannya, mudah-mudahan apa yang kamu dengar dan lihat disana bisa menambah wawasan kamu untuk lebih cinta akan bumi ini..."Keep Save Our Planet"

    BalasHapus