Kamis, 14 Juni 2012

WAKATOBI, “Surga Nyata Bawa Laut dan Peluang Ekonomi Kreatif Nya”


Taman Nasional Wakatobi yang berada di pusat segitiga terumbu karang dunia (The heart of coral triangle centre), memiliki kekayaan sumberdaya laut yang melimpah dan eksotik. Air laut yang sangat jernih, terumbu karang yang mempesona dan dihuni oleh beragam hewan laut seperti ikan paus, ikan duyung, ikan lumba-lumba, ikan napoleon dan berbagai jenis ikan hias lainnya serta berbagai jenis tumbuhan lautnya layaknya sebuah taman di lautan. Selain itu, pantainya yang elok dengan dihiasi pasir putih pun membentang menyempurnakan keindahan kepulauan wakatobi. Kecantikan Wakatobi inilah yang selalu memberi kesan tak terlupakan bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya. Dan sudah banyak yang mengakui bahwa Taman Nasional Wakatobi merupakan taman laut terindah dan terumbu karang terbaik di dunia.



 Dengan potensi alam yang dimiliki bukan tidak mungkin bahwa wakatobi menjadi salah satu tujuan wisata bagi para wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Apalagi, jika faktor-faktor pendukung lainnya seperti akses transportasi menuju wakatobi, akomodasi di sekitar lokasi wakatobi, kesiapan serta kontribusi para penduduk lokal dalam menerima wisatawan yang dating telah dimiliki, maka itu akan menjadi hal yang dapat membuat wisatawan akan jauh lebih nyaman dan lebih banyak lagi wisatawan yang datang mengunjungi taman nasional wakatobi ini. Hal ini pun dapat meningkatkan pendapatan daerah dan juga pendapatan Negara yang secara tidak langsung dapat mendukung sektor ekanomi. Begitu pula keterkaitannya dengan usaha ekonomi kreatif, yang mana kita ketahui ekanomi kreatif adalah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan  ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya, yang mana konsep ekonomi kreatif ini dapat digunkan untuk menciptakan produk-produk baru yang berdasarkan kreatifitas SDM terutama SDM sekitar wakatobi seperti dapat dibuatnya kerajinan tangan dari kerang, atau olahan makanan dari laut dan lain sebagainya yang dapat dijual kepada wisatawan dan menjadi pendapatan. Untuk wisatawan asing terutama, ini juga dapat dapat digunakan untuk mengenalkan produk-produk asli buatan Indonesia.

Tapi 1 hal penting yang harus diperhatikan adalah kelestarian alam taman nasional wakatobi ini. Jangan sampai produk-produk yang dihasilkan yang mana menggunakan SDA laut wakatobi malah cenderung mengeksploitasi alam wakatobi itu sendiri. Apabila hal-hal ini sudah dapat berjalan dengan baik, tentu lah sektor perekonomian baik ekonomi daerah maupun Negara Indonesia akan berkembang lebih baik.

1 komentar: