Kamis, 21 Juni 2012

Club Med

Club Med merupakan tempat liburan yang mengambil konsep liburan pedesaan yang didirikan pada tahun 1950 oleh asosiasi olahraga olimpic. Club med, didesain secara khusus, seperti: tidak ada telepon, tidak ada koran, banyaknya hiburan (khususnya aktivitas olahraga), dengan pakaian santai (casual), sistem pembayaranpun diselesaikan di hari terakhir wisatawan tinggal. Semua fasilitas yang disediakan untuk memberikan kesenangan dan kenyamanan pada wisatawan (tamu). Club Med adalah perusahaan pertama yang menawarkan semua termasuk paket liburan, yang telah menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat di sektor pariwisata.

Manfaat yang ditimbulkan club med sendiri tentu saja dapat terlihat jelas pada sektor pariwasata dan ekonomi. Dalam sektor pariwisata dikenal dengan EFEK BERGANDA, yaitu efek-efek yang ditimbulkan dari kegiatan pariwisata terhadap sektor-sektor lainnya di lingkungan sekitar. efek tersebut dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat sekitar. penambahan wisatawan tentu saja dapat meningkatkan pendapatan suatu daerah, seperti adanya manfaat penjualan, terbukanya lebih banyak lapangan kerja, pendapatan pajak pengasilan daerah, dan sebagainya, sehingga dapat terlihat bahwa sektor ekonomi pun akan mengalami peningkatan apabila sektor pariwisata berkembang dengan baik.
untuk club med sendiri yang mana berkecimpung di dunia ekowisata yang dilengkapi dengan segala kelengkapan dan keunggulan yang dimiliki, tentu saja akan menjadi pilihan banyak wisatawan. oleh sebab itu club med tentulah memberikan manfaat bagi negara-negara yang memiliki perekonomian maju maupun negara-negara berkembang. Namun, dibalik manfaat-manfaat tersebut, terdapat pula masalah yang ditimbulkan


Manfaat ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat) antara lain:
- Mendatangkan banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Club Med sehingga menimbulkan peningkatan devisa Negara yang di dapat dari sektor pariwisata.
- Membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar Club Med yang berperan sebagai pelaku utama baik sebagai local guide, jasa akomodasi, restoran dan lain sebagainya.
- Memiliki posisi yang bersaing di pasar Amerika
- Bahwa produk yang dimiliki Club Med memiliki kekuatan dan konsep yang lebih menarik dari paket lainnya di pasaran
- Menjaga kelestarian alam sekitar karena konsep dari Club Med itu sendiri adalah pedesaan.
- Merk Club Med yang sudah terkenal di seluruh dunia

Sedangakan masalah yng ditimbulkan antara lain :
- Harga kamar di Club Med terlalu mahal sehingga untuk membangun loalitas dan memenangkan pelanggan baru menjadi jauh lebih sulit
- Sistem pedesaan yang dibuat dan menjadi ciri khas dari Club Med sudah ketinggalan zaman
- Terlalu pendeknya musim liburan sehingga biaya menjadi mahal utuk bepergian ke pedesaan
- Perbandingan gaji karyawan yang tinggi
- Club Med mengurangi karyawannya dikarenakan untuk membayar gaji karyawan di sektor lain. Sehingga menimbulkan bertambahnya pengangguran di Negara tersebut
- Menurunnya tingkat wisatawan asing yang berkunjung 



Untuk manfaat ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap negara berkembang antara lain:
- Mendatangkan banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Club Med sehingga menimbulkan peningkatan devisa Negara bidang pariwisata
- Membuat Negara tersebut lebih terkenal dari sebelumnya karena adanya cabang Club Med di Negaranya
- Meningkatkan merek dan menciptakan tingkatan produk baru dibawah ‘payung’ ClubMed
- Meningkatkan pertumbuhan pariwisata
- Dapat memperkenalkan budaya yang ada di Negara tersebut
- Untuk menigkatkan keuntungan, perusahaan telah memperkenalkan satu langkah yaitu memperpanjang musim di beberapa pedesaan, beberapa pedesaan itu dibuka hanya 3 bulan setiap tahunnya.

Dan masalah ekonomi yang ditimbulkan antara lain :
- Pemerintah membantu sebagian pendanaan pengembangan Club Med berdasarkan perjanjian kedua belah pihak
- Club Med menetapkan aturan-aturan, metode, standard-standar, produk serta mengendalikan pemasaran dan harga
- Manajemen merek yang tidak efektif
- Produknya terasa lebih mahal di Perancis
- Rata-rata pelanggan yang datang berasal dari kelas sosial yang tinggi dengan umur 20-30 tahun sehingga tidak semua kalangan bisa melakukan kegiatan wisata di Club Med.
 

Intinya segala bentuk kerjasama dengan negara lain terkhusus nya untuk negara berkembang seperti Indonesia, haruslah ditinjau segala keuntungan dan kerugiannya. janagan sampai yang awalnnya bertujuan untuk menambah devisa negara, malahan menjadikan negara kita dikuasai oleh negara yang berkerjasama dan ternyata keuntungannya malah lebih besar menjadi milik mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar