Senin, 25 Juni 2012

Cerita Motivasi Tentang Monyet

Seorang profesor sedang mengadakan penelitian terhadap beberapa ekor monyet.
Monyet A dan monyet B dimasukkan kesebuah ruangan tertutup yang didalamnya diletakkan sebatang tiang, dimana pada puncak tiang itu terdapat satan dan pisang.
Monyet A mulai memanjat tiang itu, pada saat yg bersamaan sang profesor menyiramkan air sehingga terpelesetlah monyet A dan jatuh.
Monyet A berusaha untuk memanjat lagi, tapi krn licin, kembali dia terjatuh, begitu seterusnya, sehingga monyet A menyerah.
Kemudian giliran monyet B, melakukan hal yg sama dengan monyet A, berulang kali mencoba dan jatuh, menyerah jugalah monyet B.
Kemudian, sang profesor memasukkan monyet C kedalam ruangan tersebut.
Monyet C ingin memanjat tiang tsb, sebelum hal itu terjadi, monyet A dan monyet B dengan semangat menasehati monyet C untuk tidak mengalami hal yang konyol yaitu terpeleset dan jatuh.
"Percuma kamu memanjat tiang itu, kami berdua sudah mencoba berulang kali tetapi selalu gagal"
Akhirnya monyet C menuruti nasehat kedua monyet itu, dia tidak berusaha mencoba memanjat lebih dahulu.


Kemudian sang profesor mengeluarkan monyet A dan B, dimasukkannyalah monyet D dan monyet E.
Monyet D dan monyet E ingin sekali memanjat tiang itu, tetapi monyet C mencoba menasehati mereka untuk tidak sekali-kali memanjatnya kalau tidak ingin terpeleset dan jatuh.
Monyet D mendengar dan mematuhi nasehat tsb, dia tidak berusaha untuk memanjat.
Tapi lain halnya dengan monyet E, dia tidak mendengarkan nasehat itu, dia tidak terpengaruh dengan nasehat itu, dia mulai mencoba untuk memanjat.
"Apa salahnya mencoba" pikir monyet E Karena sang profesor tidak memberi air lagi pada tiang itu, monyet E akhirnya dapat mencapai puncak dan mendapatkan pisang.


Apaka nilai moralnnya?
- Pisang diibaratkan sebagai kesuksesan
- Tiang diibaratkan sebagai jalan untuk mencapai kesuksesan
- Air yang diberikan profesor diibaratkan sebagai tantangan dan rintangan untuk mencapai kesuksesan
- Monyet A&B ibaratnya adalah orang yang memiliki potensi yang besar dan siap untuk berusaha, tetapi terlalu cepat untuk menyerah saat mengalami kegagalan.
- Monyet C&D ibaratnya adalah orang yang sangat mudah terpengaruh dengan masukan-masukan orang lain, bahkan yang negatif dan yang dapat membuat niat nya untuk mencoba dan berusaha menjadi hilang sekalipun
- Monyet E ibaratnya adalah orang yang memiliki karakter yang kuat, tidak mudah terpengaruh dengan masukan-masukan negatif dari orang-orang/ ingkungan sekitar, dan tidak takut untuk mencboba serta berani menerima resiko atas segala yang akan dia lakukan

Jadi,,,
"Jangan pernah berhenti untuk mencoba, karena kegagalan sesungguhnya adalah ketika kita memutuskan untuk menyerah. Tantangan dan rintangan pasti akan selalu ada dalam perjalanan hidup kita untuk mencapai kesuksesan, oleh karena itu kita tidak boleh pantang menyerah dan tidak boleh pula terlalu cepat terpengaruh terhadap masukan-masukan negatif yang dapat mengurangi kebulatan tekad kita untuk mencapai apa yang kita inginkan. Take the risk and your life will be more challenging "

We Never Know How Close We Are (with the success) When We Give Up. Jadi, jangan pernah berhenti untuk mencoba, karena tidak ada yang salah dengan mencoba dan terus mencoba.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar