Club Med merupakan tempat liburan yang mengambil konsep
liburan pedesaan yang didirikan pada tahun 1950 oleh asosiasi olahraga olimpic.
Club med, didesain secara khusus, seperti: tidak ada telepon, tidak ada koran,
banyaknya hiburan (khususnya aktivitas olahraga), dengan pakaian santai
(casual), sistem pembayaranpun diselesaikan di hari terakhir wisatawan tinggal.
Semua fasilitas yang disediakan untuk memberikan kesenangan dan kenyamanan pada
wisatawan (tamu). Club Med adalah perusahaan pertama yang menawarkan semua
termasuk paket liburan, yang telah menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat
di sektor pariwisata.
Manfaat yang ditimbulkan club med sendiri tentu saja dapat
terlihat jelas pada sektor pariwasata dan ekonomi. Dalam sektor pariwisata
dikenal dengan EFEK BERGANDA, yaitu efek-efek yang ditimbulkan dari kegiatan
pariwisata terhadap sektor-sektor lainnya di lingkungan sekitar. efek tersebut
dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat sekitar.
penambahan wisatawan tentu saja dapat meningkatkan pendapatan suatu daerah,
seperti adanya manfaat penjualan, terbukanya lebih banyak lapangan kerja,
pendapatan pajak pengasilan daerah, dan sebagainya, sehingga dapat terlihat
bahwa sektor ekonomi pun akan mengalami peningkatan apabila sektor pariwisata
berkembang dengan baik.
untuk club med sendiri yang mana berkecimpung di dunia
ekowisata yang dilengkapi dengan segala kelengkapan dan keunggulan yang
dimiliki, tentu saja akan menjadi pilihan banyak wisatawan. oleh sebab itu club
med tentulah memberikan manfaat bagi negara-negara yang memiliki perekonomian
maju maupun negara-negara berkembang. Namun, dibalik manfaat-manfaat tersebut,
terdapat pula masalah yang ditimbulkan
Manfaat ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap
Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat) antara
lain:
- Mendatangkan banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung
ke Club Med sehingga menimbulkan peningkatan devisa Negara yang di dapat dari
sektor pariwisata.
- Membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar Club
Med yang berperan sebagai pelaku utama baik sebagai local guide, jasa
akomodasi, restoran dan lain sebagainya.
- Memiliki posisi yang bersaing di pasar Amerika
- Bahwa produk yang dimiliki Club Med memiliki kekuatan dan
konsep yang lebih menarik dari paket lainnya di pasaran
- Menjaga kelestarian alam sekitar karena konsep dari Club
Med itu sendiri adalah pedesaan.
- Merk Club Med yang sudah terkenal di seluruh dunia
Sedangakan masalah yng ditimbulkan antara lain :
- Harga kamar di Club Med terlalu mahal sehingga untuk
membangun loalitas dan memenangkan pelanggan baru menjadi jauh lebih sulit
- Sistem pedesaan yang dibuat dan menjadi ciri khas dari
Club Med sudah ketinggalan zaman
- Terlalu pendeknya musim liburan sehingga biaya menjadi
mahal utuk bepergian ke pedesaan
- Perbandingan gaji karyawan yang tinggi
- Club Med mengurangi karyawannya dikarenakan untuk membayar
gaji karyawan di sektor lain. Sehingga menimbulkan bertambahnya pengangguran di
Negara tersebut
- Menurunnya tingkat wisatawan asing yang berkunjung
Untuk manfaat ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med
terhadap negara berkembang antara lain:
- Mendatangkan banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung
ke Club Med sehingga menimbulkan peningkatan devisa Negara bidang pariwisata
- Membuat Negara tersebut lebih terkenal dari sebelumnya
karena adanya cabang Club Med di Negaranya
- Meningkatkan merek dan menciptakan tingkatan produk baru
dibawah ‘payung’ ClubMed
- Meningkatkan pertumbuhan pariwisata
- Dapat memperkenalkan budaya yang ada di Negara tersebut
- Untuk menigkatkan keuntungan, perusahaan telah
memperkenalkan satu langkah yaitu memperpanjang musim di beberapa pedesaan,
beberapa pedesaan itu dibuka hanya 3 bulan setiap tahunnya.
Dan masalah ekonomi yang ditimbulkan antara lain :
- Pemerintah membantu sebagian pendanaan pengembangan Club
Med berdasarkan perjanjian kedua belah pihak
- Club Med menetapkan aturan-aturan, metode, standard-standar,
produk serta mengendalikan pemasaran dan harga
- Manajemen merek yang tidak efektif
- Produknya terasa lebih mahal di Perancis
- Rata-rata pelanggan yang datang berasal dari kelas sosial
yang tinggi dengan umur 20-30 tahun sehingga tidak semua kalangan bisa
melakukan kegiatan wisata di Club Med.
Intinya segala bentuk kerjasama dengan negara lain terkhusus
nya untuk negara berkembang seperti Indonesia, haruslah ditinjau segala
keuntungan dan kerugiannya. janagan sampai yang awalnnya bertujuan untuk
menambah devisa negara, malahan menjadikan negara kita dikuasai oleh negara
yang berkerjasama dan ternyata keuntungannya malah lebih besar menjadi milik
mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar